5 Dampak Buruk Sinar Matahari Bagi Manusia yang Mengintai di Balik Gedung – Gedung Tinggi Perkotaan

Matahari merupkan pusat tata surya yang memiliki banyak manfaat terutama bagi makhluk hidup di muka bumi. Begitu banyak manfaat matahari yang dapat dirasakan manusia terutama bagi kelangsungan hidup. Salah satu manfaat sinar matahari yang dapat dirasakan yaitu sangat baik untuk tulang karena cahaya matahari dapat memberikan asupan vitamin D yang akan diserap dengan baik oleh tubuh sebagai peningkatan kalsium.

Namun selain memiliki manfaat yang baik, sinar matahari memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Untuk meminimalisir dampak buruk bagi kesehatan kita bisa menggunakan banyak perlengkapan interior yang aman dan bermanfaat sebagai pelindung dari efek buruk sinar matahari. Seperti misalnya penggunaan tirai dan gorden pada jendela, adapun jenis tirai yang populer adalah horizontal blind. Jenis tirai ini akan mampu menghalangi sinar matahari menembus kulit dan sangat aman untuk digunakan.

Selain penggunaan tirai pada jendela, hal lain yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan konsep hunian bernuansa alam dan natural. Misalnya kita bisa memilih jenis material-material yang mampu menghalangi sinar matahari masuk ke dalam rumah, atau kita juga bisa melakukan penghijauan di area bangunan tempat kita tinggal. Dengan penghijauan, tumbuhan atau pepohonan akan menghalangi paparan sinar matahari terhadap manusia, selain itu udara akan terasa semakin sejuk.

5 Bahaya Sinar Matahari Terhadap Manusia

Matahari memiliki manafaat yang sangat baik bagi manusia, namun dibalik manfaat yang dapat dirasakan terdapat dampak buruk yang harus diwaspadai. Dan inilah 5 bahaya sinar matahari bagi manusia:

1. Menyebabkan Kanker Kulit

Sudah banyak terjadi di berbagai negara bahwa kematian akibat kanker kulit setiap tahunnya semakin meningkat. Penelitian di Amerika menyatakan bahwa salah satu penyebab kanker kulit pada manusia yaitu akibat paparan sinar matahari yang memiliki zat-zat buruk terhadap kesehatan kulit. Bahaya ini bisa saja terjadi pada kita, maka untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya mulailah lakukan penghijauan pada hunian dan lingkungan sekitar, atau kita bisa menggunakan konsep alam dan natural dalam setiap kontruksi bangunan.

2. Menimbulkan Kerusakan Pada Kulit

Salah satu bahaya sinar matahari bagi manusia yang paling sering ditemukan adalah terjadinya kerusakan pada kulit, sinar matahari atau yang biasa disebut sinar UV (Ultraviolet) akan menimbulkan banyak masalah pada kulit, seperti terjadi nya penuaan atau kerutan pada kulit wajah, kulit menjadi kering dan menghitam, menyebabkan gatal-gatal hingga adanya bintik-bintik merah. Maka dari itu sebaiknya pastikan untuk selalu menutup pintu dan jendela pada saat sinar matahari sedang menyengat, atau kita bisa menggunakan tirai dan gorden sebagai penutup jendela.

3. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kita melihat struktur bangunan di perkotaan, saat ini hampir setiap bangunan di konsep dengan konsep alam yang ramah lingkungan. Pemilihan material bangunan dilakukan dengan matang, bahan-bahan bangunan yang dipilih terbuat dari bahan yang mampu meredam sinar matahari masuk kedalam ruangan. Hal ini dilakukan sehingga mampu menciptakan suasana hunian yang sejuk, teduh dan terbebas dari jahatnya paparan sinar matahari. Dengan demikian sinar matahari tidak akan mengenai manusia, selain panasnya yang terik, menurut penelitian efek sinar matahari akan merusak sistem kekebalan tubuh yang menjadikan seseorang mudah jatuh sakit.

4. Dapat Merusak Retina Mata

Saat ini hampir seluruh hunian dan bangunan menggunakan pelapis pada kaca atau horizontal blind. Penggunaan horizontal blind sangat populer terutama pada hunian atau gedung yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal ini dilakukan guna meminimalisir efek buruk sinar matahari yang akan merusak retina mata, contoh kecil bila kita melihat pada langit dengan cahaya matahari langsung maka setelahnya penglihatan kita akan menjadi buram untuk beberapa saat. Penggunaan pelapis pada kaca seperti horizontal blind akan sangat bermanfaat untuk menghindari efek buruk sinar matahari pada mata, dan tak perlu khawatir saat ini kita akan dengan mudah menemukan pelapis kaca atau horizontal blind dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan harga horizontal blind murah di berbagai daerah sangat mudah untuk didapatkan.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Harga Atap Galvalum yang Murah dan Berkualitas

5. Membuat Cuaca di Perkotaan Menjadi Panas dan Kotor

Di era modern ini identik dengan bangunan-bangunan yang menjulang tinggi dengan kaca-kaca pada setiap struktur bangunannya. Sinar matahari yang mengenai bangunan berkaca akan dipantulkan kembali ke atmosfer, lalu dikembalikan lagi ke bumi dengan kondisi yang buruk. Kejadian ini akan menjadikan cuaca di perkotaan menjadi tercemar, panas dan kotor. Bagi hunian dan gedung dengan kaca sangat disarankan untuk menggunakan pelapis atau penutup kaca seperti horizontal blind, harga jual horizontal blind dibanderol dengan harga yang terjangkau tergantung dari kualitas dan ukurannya, namun demikian penggunaan horizontal blind sanagt diperlukan guna meminimalisir paparan sinar matahari langsung pada manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *